Pages

Rangkuman Pelajaran Biologi SMP

0 komentar

 MIKROSKOP

A. Menggunakan Mikroskop
     Mikroskop (bahasa Yunani: micros = kecil dan scopein = melihat) adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata kasar. Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi, dan kata mikroskopik berarti sangat kecil, tidak mudah terlihat oleh mata. Mikroskop adalah alat yang di gunakan untuk memperbesar benda-benda berukuran kecil/renik yang tidak dapat dilihat dengan mmata secara langsung.Mikroskop yang umum dijumpai di sekolah adalah mikroskop cahaya, dengan satu atau dua lensa pengintip. Sistem pencahayaan yang digunakan oleh mikrosko adalah sistem lensa optis. Sistem ini dibagi menjadi mikroskop medan terang, medan gelap, flourpresensi dan fase kontras. Mikroskop yang ada di sekolah biasanya menggunakan pencahayaan medan terang.

B. Bagian Bagian Mikroskop
     a. bagian optik mikroskop
  • Lensa Okuler letaknya di dekat mata pengamatan, untuk memperesar bayangan dari lensa objek.Bayangan yang dibentuk adalah maya, tegak, dan diperbesar. perbesaran yang tersedia adalah 5x, 10x, dan 15x tetapi yang sering digunakan 5x
  • Lensa Objektip, terletak di dekat objek pengamatan, untuk memperbesar.bayangan yang dibentuk adalah nyata, terbalik, dan diperbesar. Perbesar yang tersedia bermacam-macam, misalnya, 10x, 40x, dan sebagainya
  • Diafragma berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya menuju ke kondestor.
  • Cermin berfungsi untuk memantulkan cahaya dari sumbernya ke kondester. cermin datar ( untuk cahaya cukup terang ) dan cekung ( untuk cahaya kurang cukup terang ) atau dapat diganti lampu.
b. Bagian Nonoptik Mikroskop
  • Bagian mikrosko, berupa tabungan yang daat dinaikan  dan diturunkan.
  • Lengan mikroskop, pada lengan terdapat engsel sehingga dapat ditegakkan atau direbahkan. berfungsi sebagai pegangan saat mikroskop akan dipindahkan.
  • Penjetip, berfungsi untuk menjapit kaca pereparat agar tidak tergeser.
  • Mikrometer ( pemutar halus ), berfungsi untuk menurukan badan mikroskop secara cepet perlahan
  • Makrometer ( pemutar kasar ), berfungsi menaikan atau menurunkan daban mikroskop secara cepat.
  • Meja benda, sebagai tempat untuk meletakkan objek atau preparat yang diamati.
  • Kondesor tersusun dari lensa gabungan, untuk mengumpulkan cahaya dari cermin
  • Pemutar kondensor utuk menaikan dan menurunkan  kondesor supaya diperoleh cahaya yang optimum.
  • Kaki, mikroskop, bentuk seperti tapal kuda, untu menopang kedudukan mikroskop.
C. Jenis-Jenis Mikroskop
         Jenis paling umum dari mikroskop, dan yang pertama diciptakan, adalah mikroskop optis. Mikroskop ini merupakan alat optik yang terdiri dari satu atau lebih lensa yang memproduksi gambar yang diperbesar dari sebuah benda yang ditaruh di bidang fokal dari lensa tersebut.
        Berdasarkan sumber cahayanya, mikroskop dibagi menjadi dua, yaitu, mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Mikroskop cahaya sendiri dibagi lagi menjadi dua kelompok besar, yaitu berdasarkan kegiatan pengamatan dan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan. Berdasarkan kegiatan pengamatannya, mikroskop cahaya dibedakan menjadi mikroskop diseksi untuk mengamati bagian permukaan dan mikroskop monokuler dan binokuler untuk mengamati bagian dalam sel. Mikroskop monokuler merupakan mikroskop yang hanya memiliki 1 lensa okuler dan binokuler memiliki 2 lensa okuler. Berdasarkan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan, mikroskop dibagi menjadi 2 bagian, yaitu mikroskop sederhana (yang umumnya digunakan pelajar) dan mikroskop riset (mikroskop dark-field, fluoresens, fase kontras, Nomarski DIC, dan konfokal).

komentar (0)

Posting Komentar