Pages

Rangkuman Pelajaran Biologi SMP

0 komentar



BAB I 
GEJALA ALAM DAN KERJA ILMIAH

A. Gejala Alam 
        Perhatikan lingkungan sekitar sekolah atu rumahmu  apa yang kamu lihat?di lingkungan ada berbagai jenis tumbuhan, hawan, bahkan mungkin mikrooganisme. Selain itu di sekitarmu juga ditemukan air, tanah, udara, cahaya, matahari, suhu, kelembaban, maupun bebatua
      Gejala alam alam adalah semua benda atu ke ajaiban di alam yang dapat kita amati, baik dengan mata telanjang maupun meng gunakan alat. Contoh yang di gunakan untuk pengamatan adlah mikroskrop
Dalam pelajaran ipa gejala alam dibedakan  menjadi dua yaitu objek biotik dan abiotik.
1.       Gejala alam biotik adalah gejala alam yang meliputi keajaiban pada semuah makluk hidup (tumbuhan, hawan, dan manusia ). Misalnya ,pertubuhan tanaman, daun yang bertambah lebar , metamorfosis pada kupu-kupu dan sebagainya.
2.       Gejala alam abiotik adalah gejala alam yang meliputi kejadian pada benda tak hidup. Misalnya, benda yang tidak mengalami pertumbuhan (batu, air, udara, tanah ), gempa bumi ,tsunami, gunung meletus dan sebagai nya
         Gejala biotik dan  abiotik saling  berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Keajaiban yang terjadi pada komponen biotik akan berpeng ngaruh terhadap komponen abiotik, demikian sebagainya. Contohnya kasus banji, air sebagai komponen abiotik yang merupakan komponen vital yang di butuhkan makhluk hidup justru sebab penyebab banjir . Hal ini dapat terjadi karena kekurangan lahan resapannakibat penggundulan hutan atau penebangan tanaman ( komponen biotik ),belum lagi kebiasaan buruk manusia terhadap lingkungan yang dapat mengakibatkan banjir. Akibat dari banjir tentu sajah merugikan seluruh lapisan masyarakat.
         Pengamaten terhadap gejala alam biotik dan abiotik dapat di lakukan secara langsung maupn tidak langsung . pengamatan secara langsung yaitu bila objek yang dituju dapat diamati secara langsung atau menggunakan alat. Kita dapat mengamati gejala alam dengan mikoskop, kamera, teropong, lup, dan lain-lain. Adapun mengamati objek secara tidak langsung  adalah pengamatan objek dengan menggunakan metode ilmiah
        Metode ilmiah merupakan suatu metode yang tersusun secara sistematis untuk memecahkan suatu masalah dengan tim bul  dalam ilmu pengetahuan, demikian dalam  biologi

B. Pengamatan Objek dan Metode Ilmiah   
           Pengamatan adalah bagian yang peting dalam pelajaran IPA. Pengamatan tidak dapat dipisahkan dari ipa.pengamatan yang baik tehadap suatu objek akan memberikan pemahaman yang bik pula bagi siswa. Untuk itu, di perlukan ketelitian, objektivitas (apa adanya ), dan kejujuran dalam merangkai suatu data pengamatan terhadap sesuatu objek, antara lain adalah melakukan pengukuran, pencatatan,  menggambar, identifikasi mengenai bentuk objek warna, interpretasi, dan sebagainya
            Dalam sesuatu rangkaian pengamartan, pengambilan kesimpulan dapat dilakukan dengan baik jika pengamatan dilakukansecarasistematis.karena itu, etode ilmiah digunakan agar diperoleh hasil yang baik. Metode ilmiah meliputi:
  • 1.       Penentuan tujuan penelitian,
  • 2.       Penyusunan kerangka berpikir,
  • 3.       Perumusan masalah
  • 4.       Penarikan hipotensis ( jawaban sementara ),
  • 5.       Melaksanakan penelitian ilmiah
  • 6.       Pengupulan data dari hasil penelitian
  • 7.       Analisis data, dan
  • 8.       Penarikan kesimpulan.

C. Kerja Ilmiah
            Ilmu pengetahuan selalu berkembang, hal ini di sebabkan oleh sifat dasar manusia yang selalu merasa ingin tahu yang mendorongnya untuk melakukan penelitian. Perubahan dapat terjadi dari waktu ke waktu. Sesuatu yang terjadi dianggap benar dapat tumbang bila telah ditemukan hasil penelitan baru yang mengoleksi kebenarannya.
            Pengetahuan yang di peroleh melalui sesuatu penelitian digolongkan dalam pengetahua ilmiah pengetahuan yang diperoleh denga cara ini lebih dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. pengetahuan yang didapat melalui prasangka, coba-coba, intuisi ( ilham ) atapun tidak digololongkan pengetahuan nonilmiah. kamu juga mempunyai kesempatan untuk menjadi ilmuan. kemu dapat mempelajari percobaan para ahli terdahulu dan menguji hasilnya, atau dapat melaluinya dengan memperhatikan lingkungan sekitar, menemukan masalah dan mencoba untuk memecahkannya.
            Kerja ilmiah dengan menggunakan metode ilmiah, memerlukan sikaf ilmiah. sikap ilmiah adalah sikap yang terpuji. yang dikunjung tinggi oleh masyarakat ilmiah. beberapa hal berikut dapatdi jadikan pedoman dalam bersikap ilmiah

komentar (0)

Posting Komentar